Jumat, 28 Juli 2017

ANIMASI FLASH


ADOBE FLASH adalah ?
Salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe System, Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini berextension .swf  dan dapat diputar dipenjelajahan web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.


Animasi Flash Frame by Frame



Animasi Flash Denah


Kamis, 13 April 2017

LOGO PRIBADI

            Logo pribadi adalah logo yang mengggambarkan diri kita sendiri seperti  dari latar belakang seseorang, target, KeyWord, KeyMassage, KeyVisual. Berikut adalah contoh dari logo pribadi :


Latar Belakang
Target
KeyWord
KeyMassage
KeyVisual
Perempuan
Semua Umur
P
Play the moment with your music.
Music
Favorite warna hitam dan putih
Semua Kalangan
Hitam
Music is what feelings sound like.
Headset
Mahasiswa

Headset

Play
Music Addicted

Lambang Play




Gelombang




 Hasil dari sebuah desain logo pribadi :





Logo tersebut dibuat dengan menggunakan software CorelDraw Graphics Suite X7, berikut keuntungan menggunakan Corel Draw :
  1. Program Corel Draw tidak membutuhkan kapasitas yang besar dalam sistem komputer anda. Hal ini tentu saja berguna bagi anda yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Selain itu file yang dihasilkan Corel Draw juga tidak terlalu besar.
  2. Corel Draw memiliki kecenderungan mudah untuk dipelajari siapapun. Di dalam program ini sudah tersedia tutorial yang melekat pada aplikasi ini. Selain itu banyak juga tutorial yang ditulis oleh pengguna lain, baik itu di Internet maupun diterbitkan di buku. 
  3. Tool-toolnya yang lebih bersifat freehand, karenanya coreldraw pada dasarnya sebagai software grafis coreldraw bisa berdiri sendiri, Karena berbasic vektor dan bersifat freehand.
  4. Coreldraw juga mampu untuk mengimpor atau ekspor file menjadi file jpg, bmp atau lainnya.

Namun Corel memiliki kekurangan seperti memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak, Saat penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.

Jumat, 17 Maret 2017

Perbedaan Desain Grafis dan DKV

DESAIN GRAFIS DAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL


Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.

APA ITU DESAIN GRAFIS ?
Desain Grafis berasal dari dua kata, Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, dan Grafis adalah ilmu merancang titik atau garis menjadi sebuah bentuk yang berhubungan dengan percetakan. Jadi Desain Grafis adalah ilmu merancang titik dan garis menjadi sebuah bentuk untuk tujuan percetakan yang berlandaskan kreatiftias. 

APA ITU DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ?
Desain Komukasi Visual atau biasa disebut dengan DKV berasal dari tiga kata yaitu Desain, Komunikasi dan Visual. Jika dijabarkan maka Desain berkaitan dengan perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, Komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan, dan Visual adalah objek yang dapat dilihat. Jadi DKV adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dalam menyampaikan pesan secara visual melalui media yang berlandaskan kreatiftias. 

PERBEDAAN DESAIN GRAFIS DAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL?
Dari pengertian diatas kita dapat simpulkan jika cangkupan DKV itu lebih luas karena desain grafis hanya bersifat dua dimensi yang hasil akhirnya adalah dicetak seperti poster, famplet atau komik. Sedangkan hasil dari DKV adalah poster, famplet, komik, 3D, animasi, video, sampai dengan ilmu periklanan (komunikasi). Dengan kata lain, desain grafis masih dalam cangkupan atau bagian dari DKV.

Dalam Encyclopedia of Graphic Design Designers (Living Stone, 1994: 90) disebutkan, “Graphic design is generic term for the activity of combining typography, illustration, photography and printing for purposes of persuasion, information or instruction.” Artinya, desain grafis adalah proses mengombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah. 

Pada saat ini karya dari desainer grafis dengan berbagai tingkat kreativitasnya banyak terpampang.Bangun tidur, kamu pasti sudah bisa merasakan aroma desain dalam kamarmu. Desain sprei, poster, interface handphone, bahkan sandal. Masuk ke kamar mandi, beragam logo pun terpampang dengan berebutan mencari perhatian kamu mulai dari pasta gigi, sampo, sikat gigi, sabun mandi, pencukur kumis, hingga pembersih wajah. Berangkat ke kampus, melihat baliho, flyer di jalan, stiker pada belakang angkota, hingga sentuhan grafiti pada bak truk. Akan tetapi walaupun setiap hari mata kita seolah “dipaksa” untuk melihat logo, iklan, brosur, info produk, serta instruksi manual dan lainnya, ada beberapa yang desainnya bagus dan mengesankan. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang menjadi polusi mata karena hanya sekedar dibuat, tanpa konsep yang jelas.
Seorang desainer grafis hendaknya bisa menjembatani ide dari sebuah konsep dengan citra seni, sehingga menghasilkan karya yang tidak hanya berhasil merebut perhatian audiens, namun juga memiliki nilai estetika.



Seperti pada poster ini dibuat tentu bukan tanpa sebab, ada maksud dan tujuan tertentu. Yaitu untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa kita harus menjaga lingkungan karna bumi sedang mengalami global warming dan agar masyarakat sadar dan turut serta melakukan upaya mengatasi pemanasan global.

Logo
Logo adalah salah satu contoh desain grafis , Dengan melihat logo saja sangatlah dibutuhkan sebab hal ini akan dapat memberikan pesan bahwa sesungguhnya sebuah logo tidak hanya sebagai identitas suatu perusahaan saja, namun juga harus bisa dibaca (setidaknya secara sederhana) oleh masyarakat / konsumen, mempunyai nilai yang positif, sederhana dan mudah diingat sehingga konsumen akan lebih tertarik pada produk yang kita jual dan itulah yang membuat nilai sebuah logo sangatlah tinggi. 


Contoh Desain Grafis pada Majalah


SUMBER :

Minggu, 13 November 2016

CONTOH ALAT SISTEM CERDAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

   1.   ATM ( ANJUNGAN TUNAI MANDIRI )




ATM (bahasa IndonesiaAnjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa InggrisAutomated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoranpusat perbelanjaanbandar udarastasiun kereta apiterminal buspasar tradisional, dan kantor-kantor bank itu sendiri. Selain itu waktu penggunaan ATMpun lebih fleksibel, umumnya kantor Bank buka pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore sedangkan ATM bisa digunakan di luar jam itu bahkan 24 jam.
·         Kegunaan Anjungan  Tunai mandiri antara lain :
Menarik uang secara tunai dari tabungan nasabah tanpa datang langsung ke kantor Bank
·         Mentrasfer sejumlah uang dari suatu rekening  ke rekening lain tanpa datang langsung ke kantor Bank
·          Menampilkan mutasi rekening (catatan pertambahan dan pengurangan jumlah uang di rekening pengguna) tanpa datang langsung ke kantor Bank
·          Menampilkan saldo rekening nasabah tanpa datang langsung ke kantor Bank
·         Membayar tagihan listrik
·          Membeli pulsa
·          Membayar biaya kuliah
·          Mengganti pin kartu ATM
·          Dan lain-lain

Kendati demikian, ada kegiatan perbankan yang tidak bisa dilakukan Automatic Teller Machine diantaranya :
  
·         Pembukaan rekening baru, ini harus dilakukan di kantor Bank, tentu saja tidak mungkin membuka rekening baru lewat ATM.
·          Menabung atau menyetor sejumlah uang ke dalam rekening tabungan, kegiatan ini juga tidak dimungkinkan dilakukan di ATM sehingga harus dilakukan di kantor Bank.
·          Dan lain –lain


contoh proses :

Ø  INPUT
o   Pelangnggan memasukan kartu atm ke mesin atm.
o   Lalu memasukan nomer pin, dan melalukan tindakan yg di inginkan (misalnya mengambil uang).
Ø  PROSES
o   Mesin atm akan memproses tindakan yg dilakukan pelanggan dengan cara mengecek data.  
o   Pelanngan pada server bank, jika semua data sudah di setujuin, maka proses akan menkonfirmasi dan akan melakukan tindakan selanjutnya.
Ø  OUTPUT

o   Mesin atm akan mengeluarkan sejumlah uang seperti tindakan yg di inginkan oleh pelangggan.


    2.   CT SCAN (Computerized Axial Tomografi)


CT Scan adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak.
Tujuan penggunaan CT Scan

Menemukan patologi otak dan medulla spinalis dengan teknik scanning/pemeriksaan tanpa radioisotope. Dengan demikian CT scan hampir dapat digunakan untuk menilai semua organ dalam tubuh, bahkan di luar negeri sudah digunakan sebagai alat skrining menggantikan foto rontgen dan ultrasonografi. Yang penting pada pemeriksaan CT scan adalah pasien yang akan melakukan pemeriksaan bersikap kooperatif artinya tenang dan tidak bergerak saat proses perekaman. CT scan sebaiknya digunakan untuk :
  • Menilai kondisi pembuluh darah misalnya pada penyakit jantung koroner, emboli paru, aneurisma (pembesaran pembuluh darah) aorta dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya.
  • Menilai tumor atau kanker misalnya metastase (penyebaran kanker), letak kanker, dan jenis kanker.
  • Kasus trauma/cidera misalnya trauma kepala, trauma tulang belakang dan trauma lainnya pada kecelakaan. Biasanya harus dilakukan bila timbul penurunan kesadaran, muntah, pingsan ,atau timbulnya gejala gangguan saraf lainnya.
  • Menilai organ dalam, misalnya pada stroke, gangguan organ pencernaan dll.
  • Membantu proses biopsy jaringan atau proses drainase/pengeluaran cairan yang menumpuk di tubuh. Disini CT scan berperan sebagai “mata” dokter untuk melihat lokasi yang tepat untuk melakukan tindakan.
  • Alat bantu pemeriksaan bila hasil yang dicapai dengan pemeriksaan radiologi lainnya kurang memuaskan atau ada kondisi yang tidak memungkinkan anda melakukan pemeriksaan selain CT scan.
Kelebihan CT scan :
§  Gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang baik dan akurat.
§  Tidak invasive (tindakan non-bedah).
§   Waktu perekaman cepat
§   Gambar yang direkontruksi dapat dimanipulasi dengan komputer sehingga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
Kekurangan CT scan :
                                I.            Paparan radiasi akibat sinar X yang digunakan yaitu sekitar 4% dari radiasi sinar X saat melakukan foto rontgen. Jadi ibu hamil wajib memberitahu kondisi kehamilannya sebelum pemeriksaan dilakukan.
                              II.             Munculnya artefak (gambaran yang seharusnya tidak ada tapi terekam). Hal ini biasanya timbul karena pasien bergerak selama perekaman, pasien menggunakan tambalan gigi amalgam atau sendi palsu dari logam, atau kondisi jaringan tubuh tertentu.
                            III.             Reaksi alergi pada zat kontras yang digunakan untuk membantu tampilan gambar.
Peralatan CT imaging sering disuplay dengan piranti pengarsipan gambar (CD, pita kaset), untuk piranti gambar hardcopy (film sinar X, gambar laser) dan kemampuan jaringan, tergantung pada fasilitas kebutuhan. Karena CT menggunakan cara digital, CT scanner seringkali di buatkan jaringan dengan perangkat digital lainnya, seperi sistem MRI, untuk memfasilitasi dalam memudahkan perbandingan gambar pada penglihatan monitor.



    3.   VENDING MACHINE


Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin. Saat ini vending machine mudah kita jumpai di negara-negara maju yang digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai macam produk.
Mesin jual otomatis mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis. Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.
Cara kerja vending machine
Membutuhkan uang koin maupun uang kertas untuk proses kerjanya. Namun, yang paling populer adalah uang koin. pada bagian sudut tertentu, terdapat lubang untuk memasukan uang koin. Uang koin yang telah dimasukkan akan jatuh kedalam pengkait dan mesin didalamnya akan berjalan secara otomatis. Mesin tersebut berjalan sambil menjatuhkan barang yang pembeli pilih, dan terakhir pembeli tinggal mengambil dari balik pintu kecil yang telah disediakan.


INPUT : Masukkan koin atau uang kertas kepada mesin
PROSES : Uang koin atau kertas akan jatuh kedalam mesin dan mesin pun akan berjalan secara otomatis.
OUTPUT : Minuman atau makanan yang dipilih akan keluar dari belik pintu kecil yang ada pada vending machine.



SUMBER   :

Senin, 10 Oktober 2016

SISTEM CERDAS


Apa itu cerdas ?
Gregory mengatakan, kecerdasan adalah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah atau menciptakan produk yang bernilai dalam satu atau lebih bangunan budaya tertentu.
Pada jaman modern seperti ini yang teknologinya sedang berkembang sangat pesat , sangat banyak alat-alat pembantu pekerjaan manusia yang sangat canggih dan bahkan alat-alat tersebut bisa berfikir dan menggunakan logikanya seperti layaknya manusia. Alat-alat canggih ini dapat berfikir dan menggunakan logikanya karena di dalam alat ini sudah di tanamkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI).kecerdasan buatan ini merupakan cabang dalam dunia komputer. Komputer di harapkan tidak hanya menjadi alat hitung saja tetapi juga dapat digunakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan manusia. Manusia mempunyai pengetahuan dan kemampuan logika dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk melogika.
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atauIntelegensi Artifisial (bahasa InggrisArtificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzyjaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu system  kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.
Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':
kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya  atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'


SUMBER :




Kamis, 02 Juni 2016

JOURNAL

JUDUL JURNAL         : Evaluation on Information Technology Service Management Process with AHP (Evaluasi Layanan Informasi Teknologi Proses Manajemen dengan AHP)


PENDAHULUAN

Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah teknik untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif yang dapat diambil. AHP dikembangkan oleh Thomas L.Saaty pada tahun 1970-an, dan telah mengalami banyak perbaikan dan pengembangan hingga saat ini. Kelebihan AHP adalah dapat memberikan kerangka yang komprehensif dan rasional dalam menstrukturkan permasalahan pengambilan keputusan. 

Meskipun menganalisis kerangka manajemen TI layanan dan proses terkait perusahaan KM, ini menentukan berbagai indikator dari proses manajemen layanan TI. Bobot dari masing-masing indikator yang dihitung dengan proses hirarki analitik (AHP), dan evaluasi itu dilaksanakan di perusahaan KM. Dan saran yang diusulkan dengan pertimbangan kedua hasil evaluasi dan situasi nyata KM perusahaan layanan managemen IT. . Kasus ini sangat dipertimbangkan dalam pandangan manajemen layanan TI tujuan dan kesalahpahaman, Model kepuasan pelanggan manajemen layanan TI, dukungan pengetahuan struktur manajemen layanan TI. Hal ini menyimpulkan bahwa jika organisasi ingin berhasil menerapkan model kepuasan pelanggan layanan manajemen TI, harus menghilangkan kesalahpahaman layanan TI tujuan pertama, sementara adopsi pengetahuan struktur layanan TI manajemen mendukung dapat memainkan multiplier effect.


KM Perusahaan dan IT Layanan Pengelolaan
KM adalah perusahaan jasa profesional dengan globaljaringan, khususnya memberikan pajak audit keuangan dan layanan konsultasi.  Departemen TI KM 'adalah de- independen
partment, merupakan struktur dasar perusahaan dengan personil, administrasi, pemasaran, pelatihan, dan Departemen. Tanggung jawab utama departemen TI meliputi perencanaan, membangun dan memelihara com-hardware dan software dari sistem komputer haan ini, de-veloping kebijakan keamanan sistem TI, memantau aplikasi jaringan perusahaan, backup data perusahaan dan perencanaan dan pengadaan komputer, printer dan lainnya barang habis pakai bagi perusahaan.

Pelaksanaan manajemen layanan KM perusahaan dibagi menjadi tiga tahap:
    1.      Untuk melaksanakan IT bantuan manajemen tingkat layanan.
    2.      Untuk melaksanakan manajemen darurat, manajemen masalah danmanajemen perubahan. 
    3.       Untuk melaksanakan konfigurasi management, manajemen biaya, manajemen ketersediaan dan           layanan TI manajemen kontinuitas.


Analisis Layanan TI KM Perusahaan Proses manajemen
Bagian ini menganalisis layanan TI mandat KM perusahaan proses pengelolaan dalam pandangan kepuasan pelanggan manajemen, proses pelayanan perawatan operasi, IT manajemen keuangan layanan, tingkat layanan manajemen dan IT layanan proses manajemen implementasi. Ini percaya bahwa semua proses manajemen layanan TI harus ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

    Struktur Dukungan Pengetahuan ITSM

Dalam pemahaman kami, implementasi solusi ITSM adalah dasarnya rumit transfer pengetahuan, dan SUC yang pengalaman manajemen pengetahuan DSS ini perangkat lunak perbaikan proses dapat diterapkan pada operasi dan manajemen pemeliharaan. Untuk contoh, operasi dan pemeliharaan terpadu sistem pajak Negara Sistem pemerintahan kota ShenZhen  mengimplementasikan transisi dari "yang berfokus pada teknologi" untuk "proses-focused ", dan dari peran pasif" darurat treatment dokter "untuk peran aktif" perlindungan kesehatan dokter Hal ini juga disentangles administrator IT dari sering, pekerjaan pemeliharaan berulang untuk meningkatkan mereka efisiensi kerja, dan membuat mereka punya waktu untuk mencerminkan bagaimana menggunakan IT untuk meningkatkan pelayanan. SLA mendefinisikan ulang tersebut tanggung, hak dan kewajiban kedua belah pihak. ketika meminta untuk layanan, dapat tanggapan SLA sesuai dengan layanan prioritas dan menyerahkan ke yang sesuai administrator.

Minggu, 29 Mei 2016

ITSM LIFECYCLE

Manajemen Layanan Sistem Informasi (Information Technology Service Management) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya. Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri.
Sesuai dengan fungsi ini, ITSM sering dianggap sebagai analogi disiplin ERP pada TI, walaupun sejarahnya yang berakar pada operasi TI dapat membatasi penerapannya pada aktivitas utama TI lainnya seperti manajemen portfolio TI dan rekayasa perangkat lunak.

Manfaat
   1.      Peningkatan mutu penyediaan layanan 
2 2.      Proses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat
   3.      Setiap orang mengetahui peran dan tanggung jawab mereka dalam penyediaan layanan
   4.      Belajar dari pengalaman sebelumnya
   5.      Indikator kinerja dapat dibuktikan.

 4 Perspektif ITSM

   1.     Partners/Suppliers Perspective
Mempertimbangkan pentingnya hubungan antara pihak eksternal/partner/supplier dan bagaimana mereka berkontribusi dalam service delivery.
   2.     People Perspective
         Fokus terhadap area yang lebih “soft” dari IT Staff, customer, pemegang saham dan  lainnya, seperti, apakah staff sudah memiliki, kemampuan dan pengetahuan untuk menjalankan peran mereka.
   3.     Products/Technology Perspective
         Mempertimbangkan bagaimana peran dari teknologi, hardware,software bahkan sampai budgeting.
   4.     Process Perspective
         Berkaitan end-to-end dari service delivery berdasarkan proses yang sedang berjalan.

Standar  ITSM
   1.      Penjelasan tentang proses yang diperlukan untuk memberikan dan dukungan IT Services untuk pelanggan
   2.      Tujuan utama adalah untuk menyampaikan dan mendukung teknologi atau produk yang dibutuhkan oleh key business untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasi
   3.      Memberikan peran dan tanggung jawab bagi orang yang terlibat termasuk staf TI, pelanggan dan stakeholder lainnya yang terlibat
   4.      Pengelolaan pihak eksternal yang terlibat dalam peran dan dukungan teknologi atau produk yang        ada.

§        Pengertian I.T.I.L
           Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah seperangkat konsep dan praktik untuk mengelola layanan TI, pengembangan dan operasi TI.
Siklus Layanan I.T.I.L
   1.      Servive Strategy
Memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi tetapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.
   2.      Service Design
Agar layanan TI dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis, layanan-layanan TI tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan.
   3.      Service Transition
Menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional.
   4.      Service Operation
Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI.
   5.      Continual Service Improvement
Merupakan kegiatan untuk mengembangkan IT yang berguna ubtuk mendukung kinerja dalam sebuah perusahaan yang bersifat berkelanjutan atau terus-menerus.

SUMBER